terjangkit virus

Bagi anda masyarakat kaum urban pengguna tranportasi khususnya transportasi darat, pasti tidak asing lagi dengan moda transportasi seperti mobil, bus, kereta atau kendaraan beroda dua lainnya. Nah, kalau moda transportasi darat sendiri yang dapat mengangkut banyak penumpang dalam jumlah banyak dan hemat waktu? pastinya kereta.

Yak, kereta memang menjadi salah satu pilihan moda transportasi dewasa ini ditengah deraan macet di kota-kota besar. Tidak hanya dari sisi waktu yang cepat sehingga dapat menghemat waktu namun kereta juga dapat memuat banyak orang di dalamnya. Selain itu dengan menggunakan kereta jelas kita tidak akan bertemu dengan lampu merah (aka bye bye macet hihi… ) meskipun bila kita naik di jam-jam padat bisa dipastikan penumpangnya sudah seperti apa?? (Langsung terbayang ikan sarden di kaleng, laperrrr)

Bagi sebagian orang yang tinggal di kota besar, gambaran saya tadi mungkin dapat mewakili apa yang terlintas di pikirannya kalau ditanya apa itu kereta. Tapi coba deh sekali-kali anda tanya kereta ke anak-anak. Mereka yang sudah mengenal dunia bermain, yang masuk kategori pra sekolah ataupun sudah sekolah di taman kanak-kanak hingga sekolah dasar pasti pandangannya tentang kereta akan sangat berbeda dari gambaran yang saya sebutkan tadi.

Kereta memang alat transportasi meskipun itu digunakan dalam permainan anak. Tentu saja tidak terlepas dari mobil, pesawat, sepeda, sepeda motor bahkan becak yang semuanya dalam bentuk miniatur mainan hingga mainan yang dapat dipergunakan. Maksud saya mainan mobil-mobilan yang dapat dinaiki, sepeda yang dapat dikayuh hingga beragam mainan lainnya. Jelas kereta masuk dalam tumpukan mainan di list favorit anak-anak terutama anak pria, tidak terkecuali anak saya yang paling besar, abang anza.

Entah mulai kapan si abang jatuh cinta dengan kereta. Tapi seingat saya waktu ulang tahun pertama dia dulu, dia mulai mengenal mainan kereta. Maklum emak bapak jarang beliin mainan, sekalinya ultah si anak dapat kado segambreng udah kesenengan minta ampun hihi…

Setelah ultah itu semua kado saya taro didalam lemari yang terletak dikamar tamu. Sesekali suka  saya ambil satu kalo kira-kira si abang mulai bosan dgn mainannya terdahulu. Maksudnya biar awet gitu emaknya gak perlu sering-sering beli mainan #emakpedit #biarin kikikikkk…

Saya rasa dari situ si abang mulai tertarik sama dunia perkereta-api. Mulai main kereta, nyanyi lagu kereta, ditambah lagi dia sudah tau tempat emaknya nyimpen mainan dia. Mulanya satu diambil tapi lama-lama saya liat lagi ini kenapa mainan keretanya pada habis semua yaa… ahahahahha. Gimana tidak habis setiap kamar dibuka sedikit langsung kereta diambil keluar dari tempat persediaan saya. Saking banyaknya kereta dan dimainkan terus kadang saya suka miris soalnya dalam 1 set ada yang tinggal relnya, tinggal muka si thomas, bannya doang alias pada udah ilang-ilangan. Hahahaa kasian banget #terbayangtoystory :p

Itu baru mainan dirumah, belum kalo dia nonton serial kartun kereta di tv. Sumpe emaknya sampe hafal jam tayang kereta thomas dan chugginton sama main di channel mana. Ahahahhahaaa abisannya yaa secara waktu dia udah makin gede dan ngerti kereta kan kahir si adek dan si emak ini ambil cuti melahirkan pluss saat itu ART lagi gak ada. Jadilah si emak ngerti banget dimana jam thomas disitulah bisa kasih makan! cerdik ya emak :p oiya si abang juga seneng nodong seisi rumah bahkan tamu yang datang buat gambarin kereta bukan sekali tapi….berkali-kali! setiap habis gambar dia todong lagi buat bikin gambar kereta baru..

Belom lagi kalo diajak jalan-jalan ke mall atau tempat umum lain. Ngertiii dong ya, hari gini di mall-mall pasti sering banget kan liat yang namanya kereta anak. Nah si abang tuh salah satunya. Bisa terjadi ratapan anak sendiri deh kalo sampe gak diajak naik kereta, apalagi kalau dia tau di tempat itu ada keretanya. Boook dia sampe hafal letak keretanya di mall. Dari mulai mall seperti pim, gancit, sampe pamulang square (yes proudly pamulangs ppl! Wkwkwk…) semua pernah dinaikin sama si abang. Bukan hanya di arena mall yang jelas-jelas indoor, outdoor pun pernah dijabanin. Jadi pernah kita pagi-pagi ceritanya jalan pagi di taman kota BSD, iseng bawa abang adek, eh yaa ampun depan masjid al azhar BSD ternyata ada pasar kagetnya. Ya jualan makanan minuman atau baju si wajar, lagi-lagi si kereta ini nongol juga. Amploff ini anak nagis bombay minta naik kereta. Untung kereta pengertian cuma 3ribu!! Si anak puas udah ketemu thomas si soulmate-nya.

wpid-20131023_150948.jpg

naik kereta di TMII pas ultah ke-2

20130908_083350

kereta tiga ribu rupiah di taman kota BSD

Kalo kata suami teman saya anak loe sakaw kereta deh! Gimana enggak, ceritanya si emak lagi kumpul di suatu mall sama teman-temannya dan anak-anaknya. Jelas dong si abang dan adek di bawa. Hari itu pas banget imlek. Jadi pengunjung rame banget. Saya janjian ketemundi food court, gak gitu ngeh karena mau ke food court ada di lantai atas mau gak mau harus naik eskalator. Persis di bawah eskalator itu ada stasiun si chugginton. Haduh salah nih pikir saya.

Abang : ” bunda abang mau naik kereta”

Me : “ntar ya bang, bunda kan janjian sama tante woro dan zara”

Abang : “abang mau naik kereta bundaaa….” nada udah mulai tinggi

Me : karena-takut-bikin-rame-mempercepat-langkah-dan-mendorong-stroller-lebih-kuat-lagi. Kikikikkkkk

Abang : “bunda…keretaaaa” sampe balik badan liatin kereta padahal udah mau naik eskalator

Me : tetep lanjoot naik eskalator :p

Sampai di food court…..

Nunggu si woro ama didi dateng mukanya si abang manyun aja. Cemberut. Si emak nyoba nawarin makan

Me : “abang makan yuuuk…” sambil buka bekal makan sore dia. “Ntar gantian kalo abang udah makan, bunda kasih makan adek”

Abang : “gak mau”

Me : “ya udah bunda makanin adek dulu ya. Abang ntar..”

Gak lama setelah makanin adek, ngobrol sama 2 temen saya. Dia pasang tampang cemberut lagi..

Abang : “bunda abang mau naik kereta,keretaaaaa”

Me : “ya ntar bang kan belom ketemun zara juga naiknya sama zara (anaknya woro)” zaranya lagi asik nonton barongsai

Woro : “abang nonton barongsai aja yuk sama zara…”

Dan dia tetep kekeuh mau naik kereta!

Akhirnya rame-rame kita ke stall kereta beli tiket buat abang dan zara. Karena penuh mesti ngantri. Si zara anteng duduk di kursi. Abang? Udah heboh mau naik kereta. Tong! Ngantriii tong!! :p

Sampe si kereta muterin itu lantai 1 di mall abang dan zara turun. Si zara udah asik mau main yang lain ada perosotan deket situ, anak eke masiiiih aja liatin kereta yang udah siap-siap mau muterin mall lagi. Kebayang kan gimana bapaknya si zara gak bilang anak gwe sakaw kereta #keritingjilbabsiemak. Hihihi

wpid-20140131_174153.jpg

abang dan zara naik kereta

Nah besok malamnya si emak lagi kena sindrom males masak. hihihi.. maafin yanda… belilah kita pecel lele deket kompleks. Kebetulan pas di seberang itu pecel lele ada tempat mainan anak-anak ricastro. Si abang mulanya cuma bilang ama gwe ada kereta lama-lama jadi berubah drama kumbara aka drama sinetron. Hmpppft!

Karena semalam udah naik kereta, gwe larang naik lagi. Ehhh dia nangis jejeritan minta naik kereta. Di dalam mobil terus di perjalanan sampai ke rumah dia tetep nangis minta naik kereta. Berhubung nangis strategi bombay kadarnya 10 dari 10 mau gak mau si emak dan bapak balik lagi ke itu tempat kereta. Beli tiket *yang untungnya murah cuma 5 ribu aja! Ujung-ujungnya abang gak mau naik kereta bunda! Wadezig! Ya udaah si emak gak kalah strategi udah beli tiket dong meskipun 5 ribu hihi. Dibujuklah naik sama si emak berdua. Satu putaran doang! Udah gitu.. dia gak mau pulang. Ngapain pemirsa? Dia cuma mau liat itu kereta! Apalagi kalau sampe ada anak lain yang naik. Dia bakal seneng banget cuma bilang “bunda keretanya jalan……..” -_____-

Bukan hanya kereta mainan yang pernah dicoba si abang anza, tapi kereta beneran pun pernah dirasakan. Berhubung waktu itu sudah dapat embak ART tapi jatah cuti sebentar lagi mau habis si emakini pengen nyenengin anak sulungnya karena sudah berapa hari sibuk sama adek kecilonya. Jadi hari itu si emak sibuk bikin rencana mau naik kereta commuter line (CL) serpong-tanah abang. Janjian ketemu sama tante saya di tanah abang, maklum emak gak hafal tanah-abang hihi jalan-jalan sebentar terus pulang lagi.

Berangkat dari rumah kita naik ojek ke stasiun rawa buntu. Jauh? jangan ditanya! karena sedang ada perbaikan jalan, si emak takut macet dan mengganggu rencana jalan-jalan. Jadi berbekal info dari satpam kompleks stasiun rawa buntu dimana si emak dengan pede naik ojek kesana. Ongkos naik ojek 25ribu dan memakan waktu sekitar 40 menit. Sampai di stasiun si abang sudah kegirangan. dia teriak “rel kereta bunda!”. Saya lalu bergegas ke loket pembelian tiket, harganya hanya 7ribu rupiah, 2ribu harga tiket dan 5ribu biaya asuransi kalau saya tidak salah. Lumayan lama kita menunggu kereta kearah tanah abang sekitar 20 menit. Saat kereta kami datang, bener-bener si abang kegirangan. petualanagn kereta dimulai.

Naik di jam tidak begitu padat memang cukup membuat lega, meskipun saat itu tidak dapat tempat juga. Berhubung saya berdua abang langsung diberikan duduk. sepanjang jalan abang terlihat bingung ahahahahhaaa… dia pikir kereta kecil, kosong. nyatanya cukup lumayan ramai dan dia jadi tidak se-semangat sebelum naik kereta (cerita petualangan kereta tanah abang di lain waktu aja yaa, hihihiii). Meskipun sebentar peerjalanan kami, yang penting saya senang sudah membaya janji saya naik kereta beneran berdua dengan abang.

20131113_113748

menunggu kereta di stasiun rawabuntu

Euphorianya belum berakhir!

Hingga suatu siang kelar si emak ngurus sim di daan mogot kita mampir di mall gancit. Jelas udah pada bisa nebak kan anak sulung saya dipastikan naik itu kereta chugginton. Ya saya sama bapaknya emang udh sepakat mau ajak dia naik kereta. Gwe tinggal abang dan embak naik kereta sambil makan siang bekal dari rumah. Sementara si emak nyusuin adek di ruangan menyusui dan si yanda asik jalan-jalan liatin mall *loh.

Kelar nyusuin ketemu yanda di satu gerai mainan anak. Disitu tertulis. SALE. Bisa ditebak dong? Yaaaak satu set chugginton bertengger manis di depan toko. Mana itu mainan bergerak-gerak aka keretanya jalan dan banyak anak-anak kecil semuruan abang yang juga ikutan liat didepan toko itu

Yanda : ” bun panggil abang, liat ini ada kereta.”

Me : “gak usah dipanggil nanti susah loh dia gak mau pergi, maunya liat kereta aja”

Yanda :” gak papa..”

Akhirnya apa yang si emak takutkan benar. Setelah dari train shuttle si abang nyusul yandanya ke toko mainan. Beneran deh gak mau bergerak dari tempat train set dipajang. Dari emaknya bisa jalan-jalan window shopping hihi, terus cari cemilan si abang masih mager disaba. Ahahahhaha sampe malu sama spg di tokonya.

Tiba-tiba

Yanda : (bisikin saya)  bun kayanya aku mau beliin abang kereta

Me : “sayang kali ah cari di pasar gembrong aja” ahahahah ketauan peditnya yaak!

Yanda : “gak papa deh bun ini sale tapi harus yang asli. Di pasar gembrong asli gak soalnya aku mau beliin yanh asli sekalian buat koleksi. Soalnya aku juga suka sama kereta. Apalagi yang chugginton. Bagus banget warnanya”

Me : pingsan! Ahahah enggak deng! Pusing mikirin dua orang yang bakalan heboh dengan dunia tut tut

Dan itu beneran dibuktikan si yanda…

Di browsing tentang mainan kereta api dari yang jual sampe komunitasnya. Malam itu juga. Ngecek harganya, nanya sana sini.

Sampe tiba-tiba di klinik sambil nunggu yanda jemput, di whatsapp saya muncul

Bun, aku beli ini. Udah sampe.

wpid-20140220_185235.jpg

1set thomas yang bikin abang happy

Beneran itu dia beliin buat si abang. Gak sabar mau mainin berdua katanya. Sampe dirumah ekspresi si anak lebih lebih lagi. Excited. Kalo kata yandanya. Priceless mukanya! Gimana enggak? Satu set thomas lengkap hadir didepan matanya..

Langsung begitu sholat maghrib 2 lelaki saya sibuk merakit thomas

wpid-20140220_185326.jpg

sibuk merakit kereta

wpid-20140220_190518.jpg

memandangi kereta yang sudah mulai jalan

Drama? Tetap saja ada. Gimana enggak si thomas dan relnya harus dibawa tidur. Padahal isi tempat tidur sudah ada 4 orang dan si emak langsung melarang dengan jelas. Hahahahha

Entah sampe kapan virus kereta ini berlanjut. apalagi ada 2 orang sekarang! Huhu asal masih positif dan pastinya gak ngerogoh kocek ampe permukaan terdalam :p serta bikin kamu bahagia bang, seperti kata si yanda –> priceless

Jangan kamu tarik anakmu dari dunia bermain terlalu cepat

karena kau akan mendapatkan orang dewasa yang jiwanya kekanak-kanakan

One thought on “terjangkit virus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s